Jumat, 20 Juni 2008

Sabotase diri dalam memimpin departemen.

Sabotase diri dalam memimpin departemen.

Teman-teman,
20 Mei 2008 lalu saya berkesempatan membantu salah seorang sahabat saya, yang menjabat sebagai seorang Manager Divisi Teknologi Informasi di sebuah bank nasional besar.

Dia mengalami kecemasan, kegundahan dalam setiap tindakannya untuk mengarahkan dan mendelegasikan tugas-tugas.

Hal unik yang saya temukan di diri beliau adalah, dia selalu ingin mengerjakan pekerjaan sendiri, tidak puas bila dikerjakan orang lain. Tidak puas bila lambat, takut hasilnya jelek. Walhasil, dia jadi takut mendelegasikan tugas-tugas. Dirinya selalu menyabotase setiap tindakan apapun yang dianggap perlu untuk melaksanakan tugas-tugasnya.

Setelah saya selidiki, ternyata beliau terbiasa mandiri sejak kanak-kanak. Ini karna lingkungannya yang mengharuskan disiplin dalam segala hal. Mulai dari makan, waktu tidur, harus mencuci pakaian sendiri dan lain sebagainya.

Uniknya adalah, tenyata sikap mandiri ini membuatnya jadi perfeksionis. Baginya, pekerjaan akan sempurna bila dia yang mengerjakan. Bagi seorang usahawan dan manajer, cara ini tentu saja tidak efektif. Sebab akan menghambat kemajuan departemen / usaha yang dia pimpin.

Dalam bahasa lisannya, bagaimana departemen saya bisa maju, kalau semuanya saya yang kerjakan...

Selasa siang saya sampai dan mulai menterapi beliau. Dan alhamdulilah, setelah terapi selesai, beliau sudah merasakan perasaan baru, perasaan yang pro, yang sesuai dengan yang diinginkannya yaitu bisa/mampu/percaya pada kemampuan dirinya untuk mendelegasikan pekerjaan dan mendapatkan orang-orang terbaik dalam tim yang akan dia bentuk.

Hasilnya mengejutkan saya. Dua hari kemudian, dia sudah bisa mendelegasikan tugas-tugas sesuai porsi masing-masing ke setiap bawahannya dengan perasaan lega dan yakin bahwa setiap tugas-tugas yang jadi tanggung jawabnya akan selesai dengan baik.

Teman-teman

Apa yang kita anggap bagus, kadang menghambat kita saat akan melakukan tindakan menuju pencapaian yang baru. Dengan mengenali dan melepas semua halangan mental ini, Anda akan merasa tenang, yakin berjalan menuju pencapaian baru yang Anda inginkan.

Semoga menginspirasi.

Tono MT (Mind Transformator, Metal Therapyst, Mental Transformator)
Realizing your potential by help you releasing all your mental barriers
021-98069297

Tambahan:
Pengalaman langsung dari beliau ini dapat Anda baca di blognya yang beralamat di: pictureaesthetics.blogspot.com.

Kontak Langsung - Silahkan ketik pesan Anda

Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):