Rabu, 18 Juni 2008

Social phobia (Ketakutan dalam acara-acara sosial)

Social phobia (Ketakutan dalam acara-acara sosial)

Pobia sosial secara umum berhubungan dengan situasi-situasi sosial. Beberapa gejalanya adalah takut bicara dan unjuk saran dalam acara-acara, baik dalam lingkungan rumah atau komunitas yang di ikutinya. Contoh lainnya termasuk takut makan bersama dalam acara perusahaan, berhadapan dengan orang-orang yang dianggap berpengaruh atau merasa tidak nyaman dalam suatu acara meski ada teman-teman yang dikenalnya.

Orang yang mengalami pobia sosial, takut membuat 'kebodohan' atau takut direndahkan oleh orang lain. Dalam dirinya, mereka memelihara perasaan harga diri rendah (low self esteem) dan ketidakpercayaan akan kemampuan diri (lack of confidence).

Dalam hal serius, mereka akan mengisolasi diri dan selalu cemas dalam kesehariannya berinteraksi dengan orang lain.

Tambahan:
Meski saya yang membuat artikel, bukan berarti saya bebas dari penyakit mental ini. Karna saya juga manusia, dimana ada saja emosi yang terlibat dalam kasus-kasus tertentu dikehidupan saya.

Meski demikian, saya selalu mensadarkan diri, pentingkah saya membuka diri dalam situasi ini? Misal dalam acara dimana ada orang-orang yang selalu berusaha menjatuhkan orang lain.

Ada 3 sebab pobia sosial yang sudah saya temukan, yaitu takut berubah (keluar dari zona nyaman), sedang dirundung duka dan tidak punya uang.

Jika masalahnya adalah karna takut berubah, alias merasa tidak nyaman bila berada dalam sebuah lingkungan (gejala-gejala seperti yg saya sebutkan diatas, seperti merasa takut berbuat bodoh), atau karna Anda sedang dirundung duka, misal anak meninggal/terkena kasus pidana/phk, masalah Anda bisa di benahi dengan terapi psikologis.
(Anda bisa menghubungi saya untuk sesi terapi)

Kadang tidak mau kumpul-kumpul karna tidak ada uang. Orang jadi tidak percaya diri tampil karna untuk biaya datang saja tidak ada. Untuk ini, kembali pada pribadi masing-masing, apakah masih ingin datang ke acara tersebut atau tidak. Jika ya, cari dulu solusi keuangannya.
(ngomong-omong, apakah Anda selalu 'merasa' sulit keuangan? Jika ya, ada bagian dalam diri Anda yang perlu di benahi yang bersangkutan dengan keuangan. Baca artikel saya tentang Menarik Kelimpahan di blog saya, klinikprestasi.blogspot.com)

Bila Anda tidak mau kumpul-kumpul karna tidak minat, ini adalah pilihan. Mungkin karna Anda belum melihat adanya keuntungan dengan bergabung dalam acara komunitas Anda.

Saran saya, temukan gairah Anda (minat) dan cari apa saja keuntungannya bila ikut acara-acara tersebut.
(bagi pemilik acara, ini kesempatan untuk mengundang orang dengan cara memberitahu keuntungan-keuntungan apa saja yang bisa didapat bila ikut acara/komunitas Anda)

Semoga menginspirasi.

Tono MT (mind and mental therapist)
Melejitkan potensi diri dengan membuang semua rintangan mental.

keyword: fobia, takut

Kontak Langsung - Silahkan ketik pesan Anda

Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):